Jumat, 07 Juni 2013

Belajar snorkeling?

Bagaimana cara snorkeling yang baik untuk pemula ??

 

Yang pertama: beli/pinjamlah alat yang pas dengan tubuh anda. Untuk masker: taruh di muka, tahan napas.. tangan lepaskan (taruh di bawah) masker, kalo terlepas berarti kebesaran. Untuk snorkel: usahakan panjang pipa sesuai , pilih yang ada valve-nya supaya tidak mudah kemasukan air, dan mouthpice yang pas/nyaman dengan mulut. Untuk Fin (kaki katak) pilih yang sesuai nomor sepatu. Untuk pemula pilih yang model ful foot (tdk perlu boots).

Latihan dasar: memakai dan membiasakan dengan masker dan snorkel. Jadi di kolam dangkal saja (1m). pakai masker dan snorkel senyaman mungkin di dalam air, lalu buka seluruh alat,pakai lagi,trus naik lagi. Intinya biasa dengan dan tanpa alat. kalo sudah tidak panik.. baru dipake fin-nya.
Pakai snorkel maupun SCUBA (selam) bernafas hanya dengan mulut, jadi itu aja deh yang dilatih.. dan jangan panik kalo hidung kemasukan air-- jangan dihirup..

Pake masker+snorkel+fin
seperti gaya bebas, hanya saja tangan tidak perlu banyak gerak. Gunakan tenaga dari paha , bukan betis supaya nggak gampang capek (jadi kaki harus lurus)

Latihan: sebaiknya sudah bisa berenang sehingga tidak takut dengan air. Latih gaya bebas karena paling banyak menggunakan gaya ini untuk snorkeling

jangan lupa stretching yang benar... (didahului dengan pemanasan tentunya) supaya nggak gampang kram terutama kaki dan jari kaki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar